Pesta Telah Usai


Judul tulisan kali ini diambil dari lagunya Utopia yang di masa lalu pernah ngehits. Yah dengan perasaan yang kurang lebih sama setelah melalui berbagai acara, lika liku masalah, kesalahpahaman, kesedihan dan kegembiraan berulang kali, kini saya harus bilang bahwa pesta telah usai dan waktuku untuk mengajar di SMAN 11 Bandung sudah harus diakhiri. Meski begitu, bukan berarti berpisah selamanya, masih ada tali silaturahmi antara kita meskipun tidak dalam ruang yang sama.

Berat untuk meninggalkan kebiasaan yang sudah kita lewati selama 3 bulan ini. Rutinitasnya sudah menjadi bagian dalam hidup. Senin masih nyantai, selasa bertemu di kelas XI IIS 4, rabu bertemu di kelas X IIS 1, kamis yang adalah hari piket sedunia dan jumat yang maha padat. Pengulangan kegiatan setiap minggu mulai menjadi kebiasaan. Nanti suatu saat bakal kangen dan mengenang masa indah disini. Tapi hidup harus tetap berjalan.


Apa yang membuat hal ini menjadi pesta buatku..? karena di dalamnya banyak kegembiraan yang saya rasakan. Bertemu orang-orang baru sesama guru praktikan, bertemu siswa masa kini dengan segala karakteristiknya, menjadi bagian dari guru-guru disana, membimbing siswa-siswi olimpiade geografi sekaligus jalan-jalan dengan mereka, menjadi tutor di ekskul TLC, berlaga 4 pertandingan di Headmaster Cup dan menikmati sudut demi sudut kenyamanan berada disini. Semua itu menjadi potongan-potongan cerita yang menarik buat dirangkai, dibongkar pasang dan diceritakan kemudian bersama seseorang yang kita sayangi.



Tapi selain keindahan ini, ada beban yang dipikul. Beban untuk menyampaikan pengetahuan-pengetahuan baru buat mereka, beban untuk selalu tampil sempurna (atau setidaknya tidak memalukan), beban untuk tidak mencintai mereka satu per satu. Hehe.. yang terakhir lebay.

Ya, selalu ada manis dan pahit. Itu biasa dan lumrah. Tinggal kita timbang saja, berat mana antara sisi kehidupan yang manis disini dengan sisi kehidupan yang pahit. Sejauh ini, hidup saya disana kemanisan, agak asem sepet sedikit. Itu dia.. yang jelas bagi saya, saya akan selalu mencintai apa yang saya lakukan dan apa yang saya miliki. Walaupun saya belum memiliki siapa-siapa.




Terima kasih buat SMAN 11 Bandung telah menjadi bagian dari cerita-cerita pendek dalam hidupku, terima kasih telah menambah kesadaranku untuk selalu menjadi orang religius, terima kasih siswa-siswiku yang rela diajar dan di-didik oleh saya yang tidak sempurna ini. Penampilan dan sikap saya diluar sekolah masih belum seperti guru, saya juga anak muda yang tidak disiplin, menyukai kebebasan berekspresi dan menikmati hidup serta mensyukurinya.


 

Terima kasih kawan-kawan guru PPL yang dengan setia menemani tiap tangga-tangga kehidupan hingga kita sampai pada kondisi saat ini. Kedekatan antara kita, walau sebentar adalah cerita yang menarik bagi saya. Terima kasih guru-guru SMAN 11 Bandung, engkau begitu menghargai keberadaan kami, saling menghormati dan serasa kami sudah menajdi bagian di sekolah ini begitu lama.


Akhirnya, rumah ini mesti segera dibereskan. Convety-convety berbagai warna mesti disapu dan lampu kerlap-kerlip mesti dibereskan pada tempatnya kembali. Kue-kue sisa hasil makan semalam mungkin masih bisa dimakan olehku untuk nanti siang, tapi sepertinya akan kubagi pada tetangga juga. Biar saya urus rumah ini hingga datang tamu istimewa lainnya yang siap menghabiskan setiap waktu disini walaupun tidak ada pesta. :)

baca tulisan lainnya selama saya di SMAN 11 Bandung :

Mencoba menjadi Guru 


6 comments:

  1. Teruskan dengan menjadi guru yang "sesungguhnya". Ingat masa-masa PPL, sempat mengira kalau jadi guru itu bukan buat saya. Nyatanya? sekarang mengajar menjadi salah satu sumber kebahagian.

    ReplyDelete
  2. Mengajar memang membahagiakan ya Ki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahagia liat cewek-cewek SMA jaman sekarang. hehe..

      Delete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.