cookieChoices = {}; nyarinama: Atribut cookieChoices = {};

Atribut


Dalam sebuah kelompok, atribut memegang peranan cukup penting untuk mengidentikkan diri sebagai anggota kelompok. Selain itu, atribut dipakai sebagai alat pemersatu yang fungsinya jauh lebih besar dari hanya bentuk fisik sebuah produk. Sebut saja sebuah kemeja lapangan ketika saya kuliah. Dengan memakai kemeja tersebut, saya serasa menjadi bagian utuh dari angkatan. Dengan memakainya, saya menjadi pede dan merasa sama dengan kawan lainnya di angkatan. Ada lagi kaos hitam dengan logo 60+ yang ikonik milik Earth Hour. 

Ketika pertama kali ingin bergabung, atribut itulah yang selalu saya idam-idamkan untuk dipakai. Atribut berupa kaos sudah lebih dari cukup untuk membuat relawan-relawan merasa menjadi bagian dalam gerakan. Namun seharusnya motivasi untuk memulai gerakan, bukanlah dari atribut itu. Motivasi terbesar harus lahir dari kegelisahan dan kekurangan yang kita rasakan yang terjadi di sekitar kita. Ketika kita melihat ada yang tidak beres, ada rasa gundah dan kesal kenapa hal itu terjadi. Kenapa kita tidak bisa berbuat untuk mengatasi masalah itu.

Atribut adalah bentuk penghargaan atas kinerja yang telah diberikan untuk sebuah institusi maupun komunitas. Komunitas tak bisa memberikan apapun secara langsung. Tidak akan bisa. Kita-lah sebagai bagian dan ruh dari komunitas itu yang membangun diri dan membuat gerakan. Kita lah dalang dibalik nama besar komunitas. Dan sebuah atribut tidak mewakili seluruh jerih payah kita. Tapi kebahagiaan dan rasa puas dalam diri adalah bayaran yang sangat besar atas apa yang kita perjuangkan.


Begitupun atribut dalam diri. Berupa raut wajah, sikap, nada bicara dan segenap bentuk fisik lainnya bukanlah acuan untuk melihat dalam diri. Hati dan pikirannlah yang membangun atribut itu untuk dapat menggerakkan fisik. Jangan mellihat atribut, karena kita seringkali tertipu. Butuh pendekatan yang dalam sehingga ia dapat membuka atributnya satu per satu hingga dapat melihat hatinya secara utuh. Dibalik atribut yang rapi dan bersih, mungkin terdapat hati yang rapuh. Dalam atribut yang baik dan terang bederang, mungkin terdapat setitik nila dan sebuah sudut gelap yang menunggu untuk diterangi. Coba lihat atributku, apakah kalian dapat menerka isi didalamnya..?

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!