cookieChoices = {}; nyarinama: Menjadi Smart ala nyarinama.. cookieChoices = {};

Menjadi Smart ala nyarinama..


Oke temen-temen, kali ini kita bahas apa yang dimaksud smart, dan gimana caranya menjalani hidup ini dengan smart. Bukan menurut para ahli yang jelimet, tapi menurut saya tentunya..! Smart itu adalah saat kita menjadi diri kita sendiri, bisa berpikir bebas dan memberikan impact bagi orang lain. Saat itulah, kita nyaman menjalani hidup dengan apa yang kita punya tanpa kekhawatiran. Karena kalo udah smart, kita jadi diri sendiri, jiwa kita jadi nyaman. Begitu..


Oke kita mulai aja liat aspek apa aja yang membuat saya menjadi smart. Yang pertama dari penampilan. Hmmm.. it’s first important thing ya.. orang akan melihat kita dari penampilan dulu. Dengan penampilan menarik, orang bakal inget kita dengan baik. Gimana caranya berpenampilan menarik..? menarik it’s mean beda dari yang lain. Jadi kadangkala kita melawan arus dari gaya yang orang punya. Atau kalopun enggak, setidaknya kita terlihat paling menonjol. Saya sering menonjolkan diri dengan penampilan mencolok. Seperti tampil sangat casual dengan kaos oblong, celana pendek, bersendal. Seringkali tampil dengan seperti itu dan itu nyaman banget. Kalo untuk urusan penampilan formal, saya pake kemeja dengan 1 tone warna. Saya gak pernah pake kemeja kotak-kotak. Terlalu biasa. Hehe..


Dalam beberapa kesempatan, saya juga suka pake setelan jersey klub sepakbola (i’m fan of Juventus). Karena setelan jersey ini sedang marak jadi tren. Untungnya jersey Juve yang away punya warna ngjreng banget buat menarik perhatian publik, kuning..! jadi bayangkan deh seorang laki-laki maskulin pake t shirt kuning, kece dan beda banget kan..? sebisa mungkin kamu harus punya ciri khas yang diinget, kalo saya mencirikannya dengan pake syal ketika berada di lapangan (Paktikum Mata Kuliah, jalan-jalan malem dan travelling). Selain apa yang kita pake, kita juga bisa bereksperimen dengan wajah kita misalnya gaya rambut, kumis atau jenggot, dan lainnya.

Udah tuh dari penampilan, selanjutnya kita bisa menunjukkan kalo kita smart dari gaya bicara kita. Well, it’s how we attract people. Kalo kita mulai kenal datau dekat dengan orang lain, tentu hal selanjutnya yang terlihat dan sering dinilai adalah gimana cara kita berkomunikasi. Karena dengan itulah kita bisa mengikat orang lain dalam pembicaraan yang menyenangkan.


Menjadi komunikator yang membuat orang nyaman itu gampang-gampang susah. Soalnya bergantung pada kepribadian kamu. Kalo kamu pendiam ya susah nunjukinnya. Jadi bersikaplah pede dan cari topik menarik buat kalian obrolin. Kalo perlu pake beberapa kosakata yang ilmiah (asal jangan kayak Vicky Prasetyo aja. Haha..). ini dia tipsnya :
  1. Selalu fokus dengan lawan bicara
  2. Jangan biarkan keadaan hening, cari topik lagi buat menyambung pembicaraan
  3. Bicarakan topik yang dia tau, tanya itu lebih dalam. Dengan menanyakan apa yang dia tau dan suka, bakal bikin dia merasa dihargai
  4. Kalo dia nanya tentang kamu, jawab agak panjang. Artinya kamu niat buat jelasin diri kamu
  5. Balik nanya dan jangan lupa 5S
  6. Mainkan gestur dan intonasi
Udah tuh ya 2 tips yang bikin kita jadi smart, ada lagi gak..? ada dong.. yaitu harus kreatif..! yap dalam segala kesempatan kita harus bisa menyiasatinya supaya tetep berjalan sesuai kemauan kita dan gak gagal. Kreatif artinya berpikir beda dari yang lain, memikirkan hal yang baru, mengubah hal yang lama atau memikirkan yang gak kepikiran sama orang lain. Keren gak tuh orang kreatif..


Kreatif adalah salahsatu cara kita bertahan hidup. Kreatif adalah bagaimana kita mengubah cara hidup kita jadi lebih baik. Gimana cara aplikasinya..? misalnya kreatif dalam belajar, kita bisa baca beberapa buku trus catet hal yang pentingnya dengan cara mind map. Dengan mind map, kita bisa tau hierarkis antar objek belajar, hubungannya dan jaringan di dalamnya. Jadi makin paham tuh. Jangan luput pengamatan dari objek yang bisa kita jadikan pelajaran. Kalo bisa tulis apa yang kita pikirkan supaya orang tau apa yang jadi pemikiran kita. Entah itu di media sosial, media massa atau di blog kayak saya ini. Hehe..


Kreatif juga dalam mengatur waktu. Kamu harus bisa mengatur skala prioritas antar satu keperluan dengan keperluan lainnya. Ukur juga jarak antar tempat aktifitas kamu. Bergeraklah dinamis dan aktif. Karena gak ada yang sukses cuma dengan diem. Kalo bisa, kamu harus punya waktu buat belajar, rekreasi, minat dan menjalin relasi. Hidup bukan Cuma belajar, kita perlu loh rekreasi. Nggak usah jauh-jauh. Menikmati pemandangan di dalam kampus aja cukup, ato jalan-jalan keliling kota. Trus penuhi waktu buat mengasah dan menelusuri minat kamu. Soalnya buat mempersiapkan di dunia kerja, maka kudu diasah sama kita. Trus jangan lupa buat tetep menjalin hubungan baik dengan temen, keluarga, dosen atau rekan kerja. Siapa tau merekalah yang nanti mengantarkan kamu buat sukses.


Yang terakhir adalah keep connected..! nah ini dia yang kadang mengganjal saya nih. Berhubunga gak punya gadget mobile yang mumpuni. Hape Cuma punya Nokia classic, laptop lenovo keluaran 2010. Udah gitu aja.. untungnya saya masih punya insting kreatif. Jadi bisa menyiasati keadaan koneksi dengan nyari wifi gratisan, hehe.. tapi kalo ada gadget yang mumpuni, kenapa harus pusing cari yang gratisan..? makanya nih saya nyari gadget yang murah tapi bisa optimal. Saya cari sih kayaknya pilihan paling recommended tuh ya Smartfren Andromax Tab 8.0. beuh itu murah banget buat kalangan mahasiswa, apalagi fiturnya lengkap. Layarnya aja TFT LED 8 inci, resolusi 1024 x 768 pixel. Prosesor ARM-Cortex A9 Dual Core 1.5 GHz, OS nya Android Jelly Bean dong. Memorinya bisa kita tambah pake eksternal. Kameranya depan belakang yang kece abis plus konektiyitas tinggi. Duuh ngiler. liat reviewnya di beberapa web emang top banget lah di kelasnya. Coba ada yang mau ngasih nih.. hehe..

Nah itu dia beberapa tips gimana jadi smart ala nyarinama. Semoga bisa membuat kita jadi lebih nyaman menjalani hidup trus bisa survive dari segala kesulitan..! 


2 comments :

  1. Haloo, Emak Gaoel mampir ngecek-ngecek peserta.
    Terima kasih ya sudah ikut meramaikan Ultah Blog Emak Gaoel.
    Good luck! ^_^

    ReplyDelete
  2. heheheee.... saya koq malah merhatiin yg foto kedua itu ya, pake apaan sih di kepala? :D

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!