cookieChoices = {}; nyarinama: Celoteh Masalah dan Skripsi cookieChoices = {};

Celoteh Masalah dan Skripsi



Selamat Datang Semester 6..! sejak awal Februari yang lalu perkuliahan semester 6 telah dimulai dengan segala dinamikanya. Di semester ini ada 21 sks yang mesti dilahap habis, sks yang lumayan banyak untuk ukuran mahasiswa tingkat atas, karena ditempat lain teman saya di semester ini hanya mengontrak sekitar 16-20an sks. Yaah tak apalah.. nasib kuliah yang santai dan banyak ketinggalan..

Semester ini waktunya saya mulai fokus menggarap apa yang bernama Skripsi. Segalanya sudah mulai harus dipikirkan. Persiapan, data, organisasi, manajemen dan planning pengganti. Segala hal yang berurusan dengan pedagogi juga mulai terasa kental. Ada Metode Penelitian Pendidikan Geografi dan Evaluasi Pendidikan. Sebelumnya ada perencanaan pembelajaran, belajar dan pembelajaran dan Media Pembelajaran Geografi.

Skripsi, tugas akhir seorang calon sarjana yang menjadi mimpi buruk (kebanyakan) Mahasiswa harus dipelajari seluk beluknya agar tidak menajdi bulan-bulanan dan tidak digarap berbulan-bulan. Yaah setidaknya saat ini saya sudah mulai mencari-cari masalah.. karena esensi sebuah skripsi adalah pemecahan masalah. Bahkan esensi kehidupan pun demikian.

Otak ini banyak menerima input dan tergali ide-ide baru dengan beberapa kali pertemuan pada mata kuliah Metode Penelitian Geografi. Didalamnya banyak hal yang menggugah kita untuk terus mencari masalah, bukan karena kita rese, tapi ya begitulah.. masalah harus dicari dan dipecahkan. Mata kuliah ini memberikan space bagi saya untuk brainstorming mengenai skripsi yang layak baca dan yang layak bakar (Prof. Dr. Darsiharjo, M.S), dimulai dari penyusunan proposal penelitian, penyusunan skripsi dan pengalaman-pengalaman seputar skripsi. Menggugah rasa untuk terus optimis menatap tugas akhir tersebut. Semoga saja dilancarkan menuju penggarapannya di waktu mendatang. 

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!