cookieChoices = {}; nyarinama: Lemah cookieChoices = {};

Lemah



Lemah adalah keadaan alamiah seorang manusia. Tak berdaya dan butuh pertolongan orang lain. Lemah karena begitu kecil dan lemah karena memiliki keterbatasan. Maka manusia menamakan dirinya sendiri sebagai makhluk sosial. Sadar akan keterbatasan dan kelemahannya sebagai manusia, maka mereka sering kali berkumpul dengan sesamanya dan menunjukkan eksistensinya masing-masing.

Kelemahan seorang manusia dapat dilihat sejak lahir. Hal yang ia lakukan adalah menangis, bukan tertawa karena lahir ke dunia. Karena dunia penuh kejahatan, kebatilan dan keterbatasan. Sejatinya manusia adalah makhluk surga yang terhormat. Namun ia diberikan tugas untuk menjadi khalifah di bumi, apa daya.. ia harus menunaikan tugasnya itu meskipun dengan keterbatasan.

Tapi Tuhan Maha Adil. Disamping penuh keterbatasan, tapi manusia diberikan kelebihan dari makhluk lainnya yaitu berakal. Dengan akalnya itulah ia bisa menyiasati keterbatasannya menjadi sebuah kelebihan. Itulah yang kita lihat sekarang. Saat ini di milenium ini kita menjadi penguasa dunia modern dengan jumlah spesies 7 milyar lebih dengan berbagai pembangunan yang ada, telah menjadikan dunia ini lebih baik (sekaligus lebih buruk). Peradaban manusia telah menguasai bumi ini dan menembus berbagai keterbatasan-keterbatasan yang ada.

Kembali kita harus merenung mengenai tugas utama kita di bumi.. khalifah.. memimpin dan bertanggungjawab atas apa yang ada di bumi.

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!