Freelancer, lebih dari sekedar pekerjaan bebas..


Kesibukan kuliah lumayan menyita waktuku. Walaupun sebenarnya saya masih bisa meluangkan waktu untuk hal-hal lain. Hiburan dan jalan-jalan misalnya. Sesibuk-sibuknya mengerjakan tugas, tetap ada beberapa jam bagi saya untuk selalu mengerjakan apa yang saya suka. Mendesain..

Ya, mengerjakan tugas seperti bikin laporan, meresume, makalah dan lainnya sangat membosankan dan bikin pusing. Apalagi kalo tugas kelompok. Kadangkala ribet harus ngatur orang. Makanya jadi lama dan pusing sendiri. Karena pada akhirnya, yang nyusun laporan pasti saya (sombong..! hehe..). ngerjain tugas bukanlah sebuah kesenangan, mendesain lah yang menyenangkan. Dan itu yang selalu membuat hidup saya berwarna. Selalu bergejolak dan dapat dinikmati. Mendesain adalah saat ketika kamu bisa bebas dan menumpahkan segala ide baik dan buruk ke dalam sebuah media. Serumit apapun keadaan, kadangkala justru memancing ide-ide bagus untuk keluar dari otak dan di eksekusi oleh tangan kreatif.

Seperti saat ini, keadaan sangat menggencet sekali. Praktikum lapangan yang sangat berdekatan, 2x praktikum dalam 2 minggu, dengan bobot tiap kali praktikum 2 mata kuliah. Yang artinya adalah, kita kudu bikin 4 laporan praktikum dalam 2 kali praktikum ini. Haduuh.. pusing.

Seringkali saya liat status temen-temen saya yang memang jengkel dan pusing dengan penyusunan laporan ini. Ada juga yang berupaya menyemangati diri sendiri. Ada juga yang cuek, ada juga yang diem-diem sendiri. Tau-tau selese aja..

Saya sendiri..? yaah sebagai seorang yang bebas dan kadang punya kerjaan bebas pula, saya mengerjakan orderan desain dan lain sebagainya dengan jadwal yang tidak pasti. Kadangkala banyak orderan, dan kadang juga sepi kerjaan, hanya ngotret-ngotret di corel dan photoshop. Kali ini di dalam keadaan yang serba menggencet, justru kerjaan banyak datang. Banyak temen yang sms minta bantuan saya. Ada kerjaan bikin video documenter salahsatu mata kuliah, ada yang pengen dibikinin logo produk, ada yang minta dibikinin desain kaos, kemeja n jaket. Waaaw.. luar biasa.

Tapi justru di keadaan ini pula kadang saya lost control. Bukan ngerjain tugas, tapi malah terlarut dengan hobby. Jadinya ngerjain desain, dan laporan jarang saya sentuh. Hehe..

Freelancer. Inilah pekerjaan saya di perkuliahan ini. Ada yang minta desain, saya kasih (dengan komersialisasi tentunya. Hehe..) da nada kompetisi tentang desain, saya ikuti. Freelancer adalah sebuah hobby. Dimana kamu kerja atas pesanan dan didorong oleh bakat dan minat kamu. Jadi kamu bakal ngerjainnya dengan semangat dan tanpa terbebani. Freelancer adalah gaya hidup, bukan hanya sekedar pekerjaan bebas..

No comments:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.