cookieChoices = {}; nyarinama: kemasan acara TV cookieChoices = {};

kemasan acara TV


Anda tentu telah banyak melihat beragam acara TV. Dari sekitar 10 stasiun TV nasional, banyak acara yang memiliki kesamaan atau sengaja sma dengan harapan pemirsa dapat memilih acara mana yang lebih baik. Semua itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan perhatian pemirsa dan menaikkan rating. Dan peran rating inilah yang kemudian memegang peran dalam dunia showbiz..

Anda mungkin tercengang dengan beberapa acara reality show yang sangat heboh. Begitu fantastis dan benar-benar dramatis. Ya, itulah memang kekuatan sebuah reality show. Fantastis. Karena semua sesuatunya benar-benar di desain nyata. Misalnya saja ketika ada sebuah reality show kontak jodoh. Pria dan wanitanya tidak mutlak menawan. Dan di dalamnya dihadirkan drama. Belum lagi ada saja ulah pesertanya seperti perkelahian, penolakan, percekcokan, ketidakcocokan dan lainnya. Semuanya begitu memainkan emosi kita. Seperti itulah hebatnya sebuah acara reality show.

Kemudian ada acara misteri semacam uji nyali. Disana diperlihatkan kemunculan mahkluk-mahkluk gaib yang menakjubkan. Semuanya dibuat nyata dan heboh. Sehingga semua orang kini mempercayai ada setan yang bisa kita lihat.

Belum lagi dengan acara baru-baru ini yaitu kontes sulap. Dari kesemuanya, acar kontes ini memang paling aneh. Dan sejauh ini paling diminati daripada kontes lainnya. Perhatian masyarakat tertuju pada kepercayaan pada kekuatan lain selain kekuatan pencipta. Namun semua orang belum menyadari hal itu.

Acara kontes sulap itu pula menghadirkan drama dan keangkuhan dari para juri (layaknya juri acara kontes yang selalu membikin onar). Banyak ulah yang dibuat oleh juri itu. Sampai-sampai banyak yang menyorakinya.

Sebenarnya apakah semua acara itu nyata..? apakah semua adegan dalam reality show itu nyata..?? apakah ulah para juri acar kontes memang seperti itu..? ada apa dibalik hebohnya acar TV..?

Percayalah, acara TV yang selama ini anda tonton adalah permainan bisnis. Banyak campur tangan orang lain dalam penentuan materi acara. Sebuah tim kreatif yang mencetuskan ide tentang materi acara, tidak selalu didengar. Umumnya para atasan akan melihat prospek bisnis kedepannya. Apakah acara ini akan menjadi sebuah acara besar..?
Dan kemudian, ketika acara itu masuk tahapan produksi, tim lainnya akan menjajakan acara mereka pada banyak industri untuk membantu biaya operasional acar tersebut. Bisa melalui sponsor langsung ataupun penempatan iklan pada sepanjang program itu tayang. Itulah sebabnya banyak acara yang tenar yang sering berganti sponsor. Dan tiap kali acara, si pembawa acara pasti akan mempromosikan produk sponsornya. Juga dengan ini kita bisa tahu kenapa dalam sebuah acara, iklannya yang itu-itu saja.

Setelah itu semua. Acara akan berjalan dari komando bisnis. Jika acara kurang menarik, maka stekeholder akan membuat terobosan dengan cara-cara yang nyeleneh. Bisa dengan mendramatisir keadaan atau yang lainnya. Dan percayalah, acara-acara reality show itu tidak 100% asli. Ada arahan-arahan lain dari tim kreatif untuk mengemas acara menjadi lebih mengharukan, lebih aneh, lebih dramatis, dan lebih menarik. Coba saja pikirkan, apakah setiap acara kontak jodoh harus ada adegan perebutan wanita..?? tentunya tidak semua adegan itu benar. Karena peserta acara, biasanya akan dicekoki uang untuk memperlancar acara.

Masalah acara kontes lebih bisa terlihat lagi ketidakasliannya. Coba saja anda lihat, setiap acara kontes, entah itu menyanyi, sulap, tantangan, selalu ada juri yang bertipikal pengkritik. Dia akan selalu mengkritik peserta dan selalu tidak puas dengan penampilan peserta. Apa memang seperti itu..?? atau hanya drama saja..?? ya, semuanya hanya drama belaka. Karena sesungguhnya dibelakang panggung, semua yang terkait dengan acara (juri, peserta, pembawa acara, bintang tamu) semuanya bekerja sama. Semuanya ada dalam satu naungan dan mendapatkan honor yang masih dari 1 orang.

Makanya, juri akan disuruh untuk memperkeruh suasana, dan peserta akan diam menerima kritikan. Begitu.. dan semuanya memang sama. Saya yakin ada banyak permainan uang dibelakang panggung. Misalnya jika si juri itu bisa membuat emosi penonton bergejolak, dia akan mendapatkan bonus. Dan apabila peserta tidak membuat kehebohan, maka nilai sms yang diterima akan dikurangi. Begitulah menurut saya.

Jadi selama ini, tak ada yang 100% asli dari acara TV. Semuanya bentuk dari permainan uang yang jelas menggiurkan. Kita sebagai penonton hanya bisa menerima apa yang kita tonton, meskipun hanya acara angin yang tak berisi..

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!