cookieChoices = {}; nyarinama: Susahnya mengajari orang cookieChoices = {};

Susahnya mengajari orang

Akhir-akhir ini banyak orang yang minta diajari cara ngeblog pada saya. Sebenarnya untuk saya sendiri, yang sudah mengenal blog sejak maret 2008 lalu, tidak sulit membangun sebuah blog. Yang penting ada. Kemampuan saya pun masih sedikit tentang blog. Hanya copy paste dari blogger senior saja. Jadi kadang saya sulit mengajari mereka tentang ngeblog.

Pertanyaan yang umum diajukan adalah : gimana buat blog. Dan saya pun punya jawaban pakem : ya kayak gitu..!!. mereka yang sudah menilai blog salah memang sulit untuk diajari. Kadang apa yang saya bisa jelaskan, belum tentu bisa mereka pahami.

Saya sebenarnya sudah menjelaskan secara terperinci dan teratur. Hanya saja mereka kadang tidak bisa membayangkan step by step nya. Jadi harus praktek terus. Sedangkan praktek pun jarang saya perlihatkan kepada mereka. Jadi sama-sama gak nyambung.

Beberapa bagian (unsur) dalam blog juga belum mereka ketahui fungsinya. Dan mereka kurang bisa meng-analogikan sebuah pengandaian yang saya berikan. Justru mereka jadi makin bingung. Ya, saya hanya bisa bersabar. Toh, mereka butuh bantuan saya. Jadi saya layani sebisa saya. Berbagi ilmu itu perlu kan?

Beberapa pertanyaan lain seperti bagaimana masukkin widget kalender?, dimana script blog biasa kamu dapat?, atau gimana script ini ditaruh sering pula ditanyakan. Mmm..... tak apalah, setidaknya mereka mau belajar. Dan aku menghargai mereka yang mau belajar apa yang aku bisa. Jadi aku dibutuhkan kan? He..he..

Semoga apa yang mereka lakukan (usaha mereka) dapat segera menemui jalan keluar. Dan tak sesat dalam script yang memusingkan kepala. Saya pun pusing melihatnya. Ya, selamat belajar.

2 comments :

  1. sudah saya pasang link nya mas.. :)

    ReplyDelete
  2. eh riki jelek......mampir ke blog wa lah tar ajarin blog itu kaya gimna....wehehheheh kayanyha seru....^^ oke.......Ne Ali.....

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!