Bisnis internet yang tak ramah buatku

Beberapa situs maupun blog yang pernah saya kunjungi sering terpampang iklan bisnis. Semisal dari adsense atau kumpul blogger (kalo yang ini saya juga ikutan). Sebenarnya fungsi dari penempatan iklan itu sedikit mengganggu tampilan. Tapi hasil finansial bagi pemasangnya membuat iklan itu memang dibutuhkan untuk penambah dana si pemilik situs/blog.

Saya sering tergiur dengan tulisan-tulisan manis yang sering muncul di iklan itu. Efeknya saya ikut beberapa program iklan itu. Khusu untuk blogger, beberapa penyedia layanan memang menggratiskan pemasangan iklan. Tapi karena banyaknya penyedia yang memakai bahasa Inggris, jadi saya gak ngerti dengan apa yang mereka maksud dan perjanjian apa saja yang saya setujui.

Seringnya kita harus punya akun mereka (ya iyalah...). setelah itu kita memajang nomor rekening bank. Nah, bagian inilah yang sering membuat saya keder. Takutnya mereka mengambil uang saya (wong ini tabungan bapak-ibuku..) tanpa saya ketahui. Hal lainnya adalah saya tidak punya nomor rekening bank yang mereka minta. Atau apalah.. saya gak ngerti. Yang pasti nomor paypal atau master card. Jadi saya sering gagal dalam registrasi.

Anggapan negatif yang belum runtuh sampai saat ini adalah, saya tidak percaya bisnis (yang cuma pajang iklan di internet) bisa menguntungkan kita. Dari mana? Toh, metode seperti itu saya kita kurang efektif. Banyak orang yang hanya liat-liat konten di situs itu. Bukan liat iklannya. Bahkan bagi sebagian orang yang tak mengerti bisnis itu, mereka bingung. Ada tulisan apa di pingir situs itu. Kok gak nyambung sama daleman situsnya.


Saya juga takut akan penipuan yang marak di dunia maya. Jangan-jangan halaman yang saya buka mengandung malware. Akhirnya saya ikutan berafiliasi di kumpul blogger. Itu juga atas rekomendasi seseorang yang berkomentar disini. Dia bilang saya harus ikutan bisnis ini, karena page rank saya cukup kuat di google.

Akhirnya saya punya keanggotaan di kumpul blogger. Pasang iklan dan mulai berbisnis pay per click. Mudah-mudahan saja ada orang yang kecantol iklan saya. Saya juga butuh uang untuk menjalankan blog ini. Lumayan kan buat bekal di sekolah. Hee....hee...

Akhirnya saya tak sukses mengikuti bisnis macam itu. Saya lebih baik dibayar ketika saya selesai membuat artikel. Jika artikel itu dikomentar, maka kita emndapat bayaran. Nah, begitu..! itu fair dan layak dijadikan pemikiran untuk kedepan. Lebih baik, dan lebih bermanfaat.

No comments:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.