cookieChoices = {}; nyarinama: Tips berkomentar di blog cookieChoices = {};

Tips berkomentar di blog

Blog menyediakan sarana berkomentar sebagai upaya timbal balik antara pemilik dengan pengunjung blog. Kita bisa berkomunikasi dan menyampaikan pertanyaan di komentar tadi. Kita juga bisa menjalin pertemanan lewat saling berkomentar. Beberapa penyedia layanan blog (macam blogger, wordpress, dan multiply) telah menyediakan layanan berkomentar secara efektif. Bahkan bloger sudah mempermudah akses untuk kita berkomentar. Nah, bagaimana sih berkomentar yang baik?

Yang pertama, khusus untuk pengguna blogger yang telah menggunakan form komentar model baru (disemat dibawah postingan). Biasanya bila kita sudah log in ke akun blogger, kita sudah otomatis menggunakan akun google untuk berkomentar. Tapi coba lihat hasil komentar kita. Nama (link nama) kita biasanya akan di link ke profil blogger kita. Bukan ke blog kita. Jadi percuma saja kalau kita berkomentar “kunjungi blog saya..”. kita harus masuk dua halaman. Halaman profil anda dan masuk ke blog anda.

Memang kurang praktis. Hal lain yang timbul adalah, biasanya profil kita susah diakses. Ujung-ujungnya profil kita menghilang dari blogger. Itu menimpa blogger pemula yang kadang profilnya sulit diakses. Beda dengan blogger senior yang walaupun di link ke profil mereka, kita tidak akan kesulitan.

Solusinya adalah dengan mengisi kembali form komentar dengan nama dan URL kita. Sedikit ribet sih, tapi hasilnya bisa meningkatkan technorati rank (menurut blog menjerit). Jadi tak apalah mengetik sedikit URL yang kita punya. Dan kita bisa berkomentar dengan lancar.

Untuk wordpress aman-aman saja. Form komentarnya sudah pakem sejak dahulu. Penempatannya sudah strategis di bawah postingan dan bahkan lebih lengkap dengan isian alamat e-mail. Jadi kita bisa mengirim sanggahan kita langsung ke alamat e-mail yang bersangkutan.

Tips lainnya sudah cukup, yang penting rajin-rajinlah blogwalking dan berkomentar antar blogger. Kita ciptakan link yang banyak antar blogger dan jalin persatuan. Jangan Cuma liat artikelnya, karena kita butuh pengakuan dari pengunjung tentang apa yang kita tulis. Keep blogging !!

1 comment :

  1. mas mau tanya nih.. gimana mo bikin blog 3 kolom kayak punya mas... trus kenapa gw gak bisa ngisi shoutbox nya mas... reff ke blog gwe ya mas http://peterwieb.blogspot.com/

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!