Tutorku

Banyak yang sudah datang ke blog ini dan menanyakan darimana dapat ilmu ngeblognya? Ya, beberapa teman (dan bahkan guru) saya berkata begitu. Mereka sering minta diajari gimana bikin blog. Tapi jujur saya pun gak bisa semena-mena mengajari mereka, karena saya pun masih awam. Blog ini saja baru 4 bulan berjalan. Jadi saya masih harus belajar. Kalau kalian pengen tau siapa yang jadi guru saya, kita liat satu per satu..



1. kang rohman
inilah master blogger yang pertama kali saya kunjungi di dunia maya. Dari sinilah pengetahuan tentang membuat blog daya dapat. Dari mulai buat akun dan memperbaiki template. Beberapa bulan lalu kang rohman mengganti templatenya dengan yang lebih simpel namun elegan. Kang rohman pula yang scriptnya sering saya pake untuk mendandani blog saya. Salah satu yang penting adalah comment form yang saya pake scriptnya untuk blog saya.

2. mas anang
nah, kalo yang tadi namanya sunda, yang ini orang jawa. Dia orang kedua yang sering saya kunjungi untuk belajar blogging. Darinya saya dapatkan aksesoris blogger footer yang membuat blog saya beda dari yang lain. Nah, yang saya mau adalah memakai menu dtree miliknya (yang sampai saat ini belum bisa diaplikasikan). Dalam blognya, dia juga sering memposting artikel sosial tentang kehidupan sehari-harinya. Jadi bukan hanya posting tutorial blog saja.

3. blog menjerit
yang satu ini khusus saya hadirkan blogger negeri tetangga, Malaysia. Awalnya saya masuk tak sengaja ke blog ini. Tapi setelah dibaca, isinya cukup menarik juga. di dalam blognya tertata rapi dengan label cloud flash. Salah satu pelajaran yang saya ambil dari sana adalah, jangan komen dengan akun google anda. Komen lah dengan mengisi nama dan URL. Hal yang menyulitkan dari blog ini adalah bahasanya yang kadang tidak saya mengerti.

Nah, itulah mereka para guru saya dalam berblogging. Disamping itu ada lagi guru lainnya yang sering saya kunjungi. Diantaranya tips trik blog, oom, dan fatih syuhud. Alhamdulilah saya dapatkan referensi yang cukup untuk membangun blog ini menjadi baik dan professional. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih pada mereka yang sudah rela menulis untuk kami sabagai pemula.

1 comment:

  1. kalo gak ada yang komen. mending aku komen aja sendiri. he..he..

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.