cookieChoices = {}; nyarinama: Virus cookieChoices = {};

Virus

Anda tentu telah hafal betul dengan benda satu ini, Virus. Baik virus dalam ilmu biologi ataupun istilah virus yang telah lumrah digunakan di dunia komputer. Semuanya juga sama. Intinya mereka merusak. Lalu bagaimana virus berkembang? dan bagaimana mengatasinya? Ada berapa varian virus yang ada sampai saat ini?.
Kita telusuri bagian-bagiannya satu per satu.

Virus merupakan bagian dari malware, malware adalah singkatan dari Malicious Software. Yaitu software yang dibuat untuk merusak sistem komputer. Malware memang sengaja dibuat untuk menyebar dan memultiplikasi diri antar komputer dan juga antar jaringan. Caranya beragam. Ada yang menempel pada suatu program atau bersembunyi dalam sebuah file, dan bekerja saat anda mengaktifkan program atau membuka file. Nah malware ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian

• Virus
• Worm
• Spyware
• Trojan horse
• Hijacking
• Phising

Namun itu hanya sebagian besar dari pengganggu digital. Sebetulnya masih banyak yang ada. Nah untuk mencegahnya, maka dibuatlah berbagai macam antivirus. Saking banyaknya antivirus yang ada, anda pun dibuat bingung untuk memilih antivirus yang ampuh dan tepat. Dari sebagian besar survei di Majalengka tercatat AVG antivirus dan PCMAV adalah antivirus yang banyak digunakan.

Sebenarnya, semua anti virus itu sama. Namun dibalik itu, virus yang beredar jauh lebih cepat bergerak daripada antivirus yang tiap bulan anda update. Jadi antivirus tidak selalu dapat mengenali virus yang menjangkiti komputer anda.

Penyebarannya pun sangat beragam. Tapi lebih sering menginfeksi CD/DVD atau USB Flashdisk kecil milik anda. Dan yang pasti cepat. Bayangkan, di tahun 2006 saja tercatat 10.248.989 kasus penularan virus di seluruh dunia. Sekarang entah berapa puluh juta virus lagi yang secara simbiosis parasitisme terus menggerogoti komputer anda.

Nah, oleh karena itu, anda mesti rajin merawat komputer anda, dari luar sampai dalam dan dari software sampai hardware. Lakukanlah Defraging dan Scanning virus setiap 1 minggu sekali. Bila komputer anda sering berhubungan dengan Internet, siapkan Firewall yang tangguh untuk membentengi komputer anda dari Spyware.

Ricky P. Ramadhan, pengembangan dari komputeraktif, dimuat dalam Buletin Sekolah ‘Teknotif’, GIt, SMA Negeri 1 Majalengka

1 comment :

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!