Susahnya membuat tutorial

Saya sebagai penulis pemula sangat kesulitan menulis sebuah tutorial. Walaupun ilmu saya masih cetek, saya ingin berbagi ilmu dengan yang lainnya. Jadi saya sering membuat tutorial. Tapi seringkali gagal ditengah jalan. Kegagalan itu dikarenakan referensi yang kurang, takut salah, dan kesulitan dalam membawa screenshoot.

Saya mengenal komputer sejak SMP kelas 1. kemudian saya utak-atik sendiri komputer saya. Saya hanya mengandalakn intuisi dalam bereksperimen di komputer saya. Jadi seringkali hasu masuk bengkel. Karena kemampuan saya itulah, maka saya mencoba mencari referensi pelajaran secara otodidak. dari mulai buku sekolah yang hanya membahas word dan excel, majalah yang sulit dimengerti dan internet yang menghabiskan banyak uang. Dari situlah muncul keinginan untuk membuat sendiri tutorial mengenai suatu program atau lainnya.

Tapi saya belum menemukan program layout yang tepat untuk membuat itu. Media penyebarannya pun tidak ada. Selama ini saya hanya menggunakan program Ms. Word untuk membuat tulisan tutorial. Untuk menulis sih mudah. Tapi ketika dipake layout, susah. Apalagi saya hanya pake screenshoot dengan menggunakan fasilitas dari keyboard. Jadi proses editing gambar pun dilakukan di word juga. Saya harus mengcrop gambar, menyesuaikan letaknya, dan meresize agar pas. Tapi karena diperuntukkan untuk pengolah kata, maka hasilnya pun tidak maksimal. Alhasil informasi tidak sampai.

Keruwetan membuat tutorial juga muncul karena saya sering sulit menemukan kata-kata yang tepat. Sering salah ketik dan salah paham. Karena itu, sulit bagi saya yang belum dalam mengenai program, harus menjawab pertanyaan orang lain.

Semoga dengan dimuatnya tulisan ini, banyak orang yang mengirimkan idenya dan pengetahuannya tentang bagaimana melayout dan merangkai kata untuk menciptakan sebuah tutorial yang menarik.

No comments:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.