cookieChoices = {}; nyarinama: The Most Valuable Search Engineer cookieChoices = {};

The Most Valuable Search Engineer

Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 15.916 orang (30 September 2007). Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan. Nama Google sendiri berasal dari ucapan "googol" yang artinya 10100 (angka 1 diikuti sera-tus nol).

Pada awalnya, mesin pencari tersebut menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford. edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997. Perusahaan ini berdiri dengan nama resmi Google Inc tanggal 7 September 1998 di sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto. Setelah tumbuh, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex.

Sepak Terjang Google
2001, Google mengambil alih beberapa perusahaan kecil. Perusahaan yang pertama kali dibeli Google adalah Pyra Labs (pembuat Blogger). Sebuah platform weblog yang diluncurkan pada 1999. Pengambilan alih ini menyebabkan berbagai fitur utama menjadi gratis. Pyra Labs dibentuk oleh Evan Williams.

2006, Google mengambil alih Upstartle, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk prosesor kata online, Writely. Teknologi ini dimodifikasi oleh Google menjadi Google Docs & Spreadsheets.

Februari 2006, perusahaan Software Adaptive Path menjual Measure Map, sebuah aplikasi statistik weblog. Google juga membeli situs video online YouTube senilai $1.65 milyar.

Oktober 2006, Google juga telah mengambil alih JotSpot, sebuah pembuat teknologi wiki untuk situs web sejenis.

Juli 2007, Google mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani sebuah persetujuan untuk membeli perusahaan keamanan e-mail, Postini.

Produk
Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya. Inilah faktor kesuksesan dari perusahaan ini. Agustus 2007, Google menjadi search engineer di web yang paling sering digu-nakan (53.6%). Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web dengan bentuk lain. Seperti Pencarian Gambar, Google News, Google Product Search, Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratis, Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan menggunakan teknologi Google untuk mencari email.

Pada awal 2006, Goggle meluncurkan Google Video, yang membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video juga membolehkan pengguna menyebarkan video itu. Termasuk acara-acara televisi, pertandingan olahraga, dan video musik.

Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk Google Earth. sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth disebut sangat akurat dan mendetil. Namun, akibatnya terdapat beberapa kritik mengenai keamanan. Secara spesifik, beberapa negara beranggapan software ini dapat digunakan untuk melihat lokasi fisik infrastruktur, bangunan komersial, penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit sangat canggih dan semuanya tersedia gratis. Beberapa orang menolak argumen ini dengan alasan bahwa Google Earth memudahkan pengaksesan saat mencari lokasi. Beberapa produk lainnya tersedia di Google Labs. Disana terdapat koleksi aplikasi yang belum selesai (uji coba) agar dapat digunakan publik.

Tahun 2007, ada laporan menyatakan bahwa Google berencana meluncurkan telepon genggam milik mereka. Proyek ini kerjasama Google dengan Orange SA, HTC, Samsung, dan manufaktur lainnya. Informasi tentang proyek ini masih belum jelas. Bulan Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat. (untuk mengetahui seluruh produk Google, lihat tabel Produk Google)

Googleplex
Kantor Google di Mountain View, California, diberi nama "Googleplex". Kantor tersebut menjadi sebuah komplek. Lobinya didekorasi dengan baik. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan kantor. Kebutuhan karyawan tersebar di seluruh ruangan. Termasuk sebuah gimnasium, loker, kamar mandi, ruang pijat, dan permainan video,

Google berkomitmen agar ramah lingkungan. Bulan Oktober 2006, mereka berencana memasang ribuan panel solar untuk menyediakan 1.6 megawatt listrik (yang cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan energi di kantor). Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di AS dan di dunia. Google juga berencana untuk berstatus bebas karbon pada 2008.

Salah satu keunikan Google adalah mereka secara rutin merubah logonya dengan berbagai variasi untuk event-event khusus di setiap tahun. Seperti Natal, Tahun Baru, atau peristiwa bersejarah lain.

Ricky P. Ramadhan, dikutip dengan pengembangan dari wikipedia, dimuat dalam Buletin Sekolah ‘Teknotif’, GIt, SMA Negeri 1 Majalengka.

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!