cookieChoices = {}; nyarinama: Software Dalam Negeri cookieChoices = {};

Software Dalam Negeri

Inovasi tanpa dukungan

Untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional, kami akan mengungkap kepada anda beberapa software dalam negeri yang masih tetap eksis dan sejumlah berita nasional lainnya.

Programmer Indonesia sekarang tengah menapaki jalur untuk terus eksis di dunia IT. Dalam beberapa situs yang kami kunjungi, banyak aplikasi-aplikasi buatan Indonesia yang mulai dipasarkan. Ini membuktikan bahwa kita tidak ketinggalan dengan programmer luar negeri. Hanya saja gembar-gembor software luar negeri lebih hebat ketimbang software kita. Karena itu butuh dukungan dari semua pihak untuk mengembangkan software ini untuk layak saing.

Untuk memperoleh informasi software dalam negeri, kami mencarinya lewat situs-situs di internet. Salah satu situs yang kami kunjungi adalah http://www.divinekids.com/. Divine kids Associaties adalah komunitas resmi game yang dilabeli game pertama Indonesia oleh sebagian media. Asosiasi yang baru berdiri pada tahun 2004 ini mendapat pro dan kontra soal game pertama di Indonesia. Namun terlepas dari siapa yang membuat game pertama di Indonesia, divine kids telah mempromosikan game di mata masyarakat Indonesia. Situs game ini menyediakan beberapa game kecil untuk anak-anak dan game lain untuk keperluan edukasi.

Dalam situsnya pula terdapat rahasia game dan penghargaan-penghargaan yang diraih divine kids. Meski hanya dalam bentuk game kecil, peminat game ini cukup banyak. Game hasil karya mereka sudah banyak tersedia di majalah PC Media dan sejumlah majalah komputer lainnya. David Setiabudi selaku pendiri dari divine kids disebut-sebut sebagai Bapak game Indonesia. Divine kids pun mulai menyita perhatian stasiun TV. Indosiar adalah yang pertama untuk itu, divine kids ditayangkan dalam program Fokus Siang. Kemudian berturut-turut Trans7,TransTV, TPI, dan SCTV menayangkan game produksi divine kids. Programmer game lainnya dapat anda lihat di http://www.babaflash.com. beda dengan divine kids, baba flash menawarkan download dan game flash online. Game buatanya pun beragam namun tetap sederhana. Sejumlah link menuju programmer game disiapkan serta konsultasi game.

Situs lainnya adalah http://www.logikasolusi.com/ . disini ada beberapa software untuk keperluan akuntansi. Dalam situsnya, tersedia pula SOFTWARE DEVELOPMENT KIT untuk menambahkan fungsi akuntansi yang mudah diintegrasikan dengan system anda. Cocok untuk anda yang menyukai bidang bisnis atau mencoba terjun kedalam dunia bisnis. Vendor software akuntansi lainnya adalah Assistindo. Mereka mempunyai sejumlah aplikasi keuangan non bank yang berbasis syari’ah. Software lainnya bisa anda lihat di http://www.assistindo.com ada pula online support untuk costumer assist di seluruh Indonesia. Meskipun bukan satu-satunya aplikasi akuntansi buatan Indo-nesia, namun sertifikat Professional dari Microsoft sudah membuktikan kapasitas aplikasi mereka.

Bosan dengan yang biasa, kami menemukan situs software islam di http://islam-download.net/. Situs ini menyediakan konten-konten islami seperti software pemblokir situs porno, syair arab, buku-buku hingga screen saver dan mp3. tersedia pula link ke sejumlah situs islam. Dan pencarian khusus yang semuanya islami.
Software lainnya yang tak kalah hebat adalah Andal Pay Master buatan Andal Software (http://www.andalsoftware.com). Aplikasi yang bertugas mengatur penggajian dan berintegrasi dengan jamsostek dan perpajakan. Jadi anda tidak usah khawatir gaji anda lebih kecil dari Upah minimum

Dari jajaran software office, ada ReksoTranslator milik http://indonesiatranslator.com. Software buatannya mampu menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris menjadi Indonesia dan sebaliknya dan mampu mencari pengertian menurut disiplin ilmu yang berbeda. Seperti kata-kata di kedokteran, hukum, agama, kimia dan lainnya. Software buatannya sudah pernah dimuat dalam Majalah PC Media edisi 02/2008.

Di antara semua itu, produk paling terkenal hasil programmer Indonesia adalah software Antivirus. Kenapa? Karena virus begitu banyak menghuni jagat teknologi. Setiap hari kita mendengar laporan virus baru. Virus telah mengambil sebagian privasi kta, kenyamanan kita beraktifitas, dan membingungkan kita. Tentunya kita sebagai manusia selalu ingin menjadi raja bukan? Maka segala cara harus kita lakukan untuk mencapai kepuasan itu. Jadi virus harus dimusnahkan. Tapi perang antar virus dan antivirusnya tak akan berhenti sampai kita mendapat kenyamanan itu. 3 vendor terkenal dalam jajaran antivirus adalah Ansav, PCMAV dan Vaksin.com. dua nama yang saya sebut di awal adalah yang paling anda kenal. Sedangkan Vaksin. com merupakan antivirus yang cukup lama ada namun tidak terlalu dikenal. Dalam sisi bisnis, bukan hanya virus dan antivirus saja yang bertarung. Tapi juga perang antar antivirus pun kerap terjadi. Buktinya dalam pendeteksian oleh ansav, PCMAV dianggap sebagai Mr.Coolface dan sebaliknya juga dari PCMAV.

Programmer
Bebepara situs programmer Indonesia malah banyak dijumpai. Salah satunya adalah http://www.vb-bego.com/ . Situs ini dikhususkan untuk para programmer Visual Basic. Disana banyak dijumpai source code untuk berbagai keperluan. Ada pula artikel tentang pemrograman dan cara membuat virus menggunakan VB. Jika anda mendownload konten disana mungkin anda akan kebingungan karena masih dalam konstruksi dan baru siap dicompile jika anda punya aplikasi Visual Basic. Mau buat virus atau antivirusnya? Anda bakal temukan semuanya disana. Dan yang pasti berbau Visual Basic.

Yang paling fantastis adalah peluncuran bahasa Pemrograman AYU. AYU diciptakan oleh Zeddy Iskandar (Academic Developer Evangelist Microsoft Indonesia yang belajar pemrograman di Srilanka), bisa dihubungi lewat http://www.zedilabs.com/ayu. AYU adalah bahasa pemrograman mirip pascal. AYU digunakan untuk program penghitungan sederhana. Terdapat banyak fungsi seperti loop, penyeleksian, branching, assigment, tipe data yang sederhana dan fungsi lainnya yang tersedia dalam bahasa Indonesia!!

Struktur Industri Telematika Indonesia terdiri dari Hardware (80%), Software (8%), dan Jasa (12%). Dengan petumbuhan selama tiga tahun terakhir berkisar antara 11%-12% per tahun. Menurut IDC Report besarnya bisnis telematika Indonesia pada tahun 2005 mencapai $ 1,73 miliar. Potensi pada 2007 dan seterusnya bisa melonjak sehubungan dengan program percepatan pembangunan infrastruktur dan animo telematikanisasi rakyat Indonesia . semoga dapat membaik.

Sebenarnya masih banyak programmer atau produksi software lain yang tidak dapat kami publikasikan. Kita do’akan dengan 100 tahunnya kebangkitan nasional, kita dapat segera bangkit dan mengejar ketertinggalan kita dengan Negara lain dan berkompetisi di era global ini.

Ricky P. Ramadhan, dimuat dalam Buletin Sekolah ‘Teknotif’, GIt, SMA Negeri 1 Majalengka

3 comments :

  1. mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
    www.kumpulblogger.com

    ReplyDelete
  2. artikel anda ada di:
    http://software.infogue.com
    http://software.infogue.com/software_dalam_negeri

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam

    ReplyDelete
  3. blog maneh atuh bisa terkenal di internet??

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!