cookieChoices = {}; nyarinama: Tips memilih Perguruan Tinggi (tempat kuliah) cookieChoices = {};

Tips memilih Perguruan Tinggi (tempat kuliah)

Memilih tempat kuliah itu seperti pisau. Kalo kita lihai menggunakannya, kita bisa menguasai pisau itu. Kalo kita salah menggunakannya, kita bisa keiris pisau itu. So, pilih dengan benar..
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah..

1. minat
Ini hal terpenting yang menjadi pertimbangan semua orang. Pilih minat dan bakat yang sesuai untuk jurusan yang akan kita tuju. Kadangkala orang akan berbelok tujuannya waktu kuliah. Seperti saya, orang yang minat teknologi, malah masuk jurusan geografi. Hal seperti itu sudah lumrah terjadi dan menjadi anomali besar-besaran di Indonesia. Banyak yang berhasil, tapi ada juga yang gagal. Jadi pilihlah dengan hati, sholat hajat, dan teguhkan pilihan sesuai minat dan bakat.
2. prestise
Ini dia yang jadi pengganjal beberapa orang meneguhkan pilihan. Walaupun jurusan gak cocok, yang penting jadi anak ITB lah.. (begitu misalnya). Sebuah Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi mempunyai prestisenya masing-masing. Dari mulai terkenal di level kota, provinsi, pulau, se-indonesia hingga perguruan yang terkenal di asia dan dunia. Sesungguhnya prestise (gengsi) tidak penting, asalkan kita niat, punya minat dan bakat, bersungguh-sungguh. Maka kita bisa menjadi luar biasa di perguruan tinggi yang biasa.
3. keluarga
Faktor keluarga menjadi aspek berikutnya. Biasanya ada keluarga yang punya tradisi kuliah di perguruan tinggi tertentu atau jurusan tertentu hingga tradisi itu harus dilanjutkan oleh kita. Saran saya, dengarkan mereka saja, tapi bila kita punya pilihan sendiri, bicarakan. Orang tua lebih tau kita, restu kita ada di tangan dia, jadi menurutlah pada dia. Kecuali dia udah mulai otoriter memaksakan kita kuliah tapi kita gak minat kesitu.
4. cost
This is it... biaya kuliah adalah faktor yang seringkali mengganjal. Yang sedang-sedang saja lah.. kita minat, keluarga menyetujui, duit juga bersahabat. Hehe.. Tenang, di perguruan tinggi banyak beasiswa kok.. selain biaya pendidikan, harus diperhatikan juga living cost. Biaya hidup justru kadang lebih mahal dari biaya pendidikan (kecuali anak kedokteran. Hampir seimbang. Hehe..)
5. distance
Maksudnya adalah jarak dari rumah ke tempat kuliah. Untuk ini udah gak lagi jadi masalah. Sejauh apapun tempat kuliah, entah di luar kota, di luar pulau atau di luar negeri sudah bisa diatasi dengan transportasi yang banyak jenisnya. Tapi bisa-bisa juga kita stres karena kita jauh dari hangatnya keluarga. Perlu diperhatikan jarak agar tidak terlalu jauh, juga tidak perlalu dekat.

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!