cookieChoices = {}; nyarinama: Tipe blog cookieChoices = {};

Tipe blog

Beberapa hal telah saya liat. Di dunia yang telah saya geluti ini ada banyak kesamaan. Ada banyak kesamaran dan banyak yang belum tersingkap oleh mata mereka. Dalam blog, beberapa orang telah menyukainya dengan pasti dan dengan bukti. Mereka isi dengan tawa mereka, atau mereka isi dengan isi yang lain. Mari kita liat isi blog yang telah saya beri sekat-sekat.

Blog dengan kenampakan sederhana kini menjadi daya tarik luas untuk dikembangkan. Banyak konten yang bisa diisi untuk blog. Begitu luas dan tanpa aturan. Nah, karena itu banyak blog bertebaran dengan isi yang unik.

1. blog Professional
blog ini telah dikelola dengan baik. Pemiliknya biasanya orang dewasa dengan sejumput pikiran yang baik. Gagasan-gagasan yang normal dan elegan. Isinya mengenai hal umum yang layak untuk diperbincangkan. Walau terkesan hal kecil, namun ia diolah untuk bisa menjadi pengetahuan singkat. Mereka tak berani menunjukkan sisi pribadi mereka.

Hal yang dikupas didalamnya tak melulu teknologi. Tapi mereka juga mengenal sisi lifestyle dan dan humaniora. Dari sisi design, fitur dan artikel, semuanya elegan dan beda dari blogger lain (dan sudah mapan dengan domain berbayar).

Contoh : Romi Satria Wahono, Cosaaranda,

2. blog publik
tipe blog ini adalah blog yang isinya campur aduk. Mereka memadukan unsur pribadi mereka, namun masih mencoba menampilkan topik-topik berat dan umum di masyarakat. Contohnya blog saya ini. Meskipun di dalamnya tersimpan curhatan-curhatan saya, namun tetap kita coba buat artikel dengan tema humaniora yang sedang hot di masyarakat.

Design sedikit beda dan lumayan unik. Biasanya mereka lebih mementingkan fitur user friendly untuk kemudahan pengunjung. Misalnya cari artikel, artikel terpopuler atau komentar terbanyak.

Contoh : mas anang, fatihsyuhud, kang rohman

3. blog pribadi
blog tipe ini sulit diindeks. Karena mereka lebih baik bersembunyi di dunia maya. Mereka menulis sekehendak hati mereka dengan hal-hal yang telah dilakukan mereka sehari-hari. Mereka tidak berani mengambil topik-topik berat. Kisah seputar kehidupannya yang senang, susah dan sedih ia tumpahkan disini.

Beberapa blog artis pernah menjadi bahan gosip bulan lalu, dan itu membuktikan bahwa blog mereka juga memang eksis dan layak untuk diamati. Inilah fungsi blog sebenarnya. Blog sebagai diary elektronik.

4. blog plagiat

blog ini sebenarnya marak di dunia maya. Entah sengaja mempopulerkan artikel orang lain, atau hanya ingin tenar saja. Yang jelas artikel mereka 100% sama. Dulu saya pernah browsing tentang bagaimana cara bikin virus menggunakan VB Virus Maker 32. dan ketika saya buka situs/blog yang menunjukkan itu, ternyata ditemukan sekitar 10 blog yang memberikan hasil dengan tulisan sama.

Blog macam ini hanya mengincar page rank, atau ketenaran. Padahal tak ada yang bisa mereka buat selain plagiat. Untuk membuktikan maraknya plagiat di internet, silahkan ketikkan hal-hal tentang blog tutorial. Misalnya read more, jika anda telusuri satu per satu, maka hasil yang anda peroleh hanya itu-itu saja. Tapi ditampilkan di banyak situs dengan bahasa yang sama!

Jika memang orang-orang ini punya etika, mereka akan memberikan link ke blog aslinya, atau mencantumkan sumbernya. Itu bukan plagiat, tapi cara untuk mempopulerkan artikel orang lain.

Nah, selesai dengan tipe blog. Lalu masuk kemana blog saya ini?

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!