cookieChoices = {}; nyarinama: Bugs of draft blogger cookieChoices = {};

Bugs of draft blogger

Penyedia layanan blog, blogger telah menciptakan fitur baru yang masih beta dalam situs draft blogger. Kelak apabila draft blogger sudah sempurna, maka fitur-fitur baru yang masih beta itu akan diadopsi oleh seluruh blogger di dunia. Tapi karena sekarang masih dalam tahap pengembangan, maka banyak ditemukan bugs atau cacat dalam sisi programming dari draft blogger.

Hal pertama yang menyulitkan saya adalah menemukan situs draft blogger. Ketika saya ketik di addres bar, nama draft blogger tak menghasilkan apa-apa. Akhirnya saya harus mengetik di search engine google. Namun itu juga tak membantu. Dalam pencariannya dihasilkan hanya situs blogger saja dengan blog lain yang membahas draft blogger. Bukan situs draft blogger langsung.

Setelah bertemu dengan situs draft blogger, yang saya tuju adalah dasboard bagian tata letak. Kebanyakan saat saya membukanya saya mendapati elemen halaman tak tertata secara rapi. Ada yang setengah kolom dan sulit diatur. Dalam penambahan elemen halamnan, ditampilkan grafik yang baru dan lebih catchy. Tampilan ini telah ada pada situs utama blogger.

Masalah lain muncul ketika kita akan mengedit elemen halaman yang sudah ada. Kadang fungsi pengeksekusian javascriptnya tidak berjalan. Jadi sulit untuk mengubahnya. Pun ketika kita memposting artikel. Disana disediakan langsung pada mode HTML, bukan rich text. Jadi kita harus menulis sesuai aturan bahasa HTML. Jika kita mau beralih ke mode rich text, kita harus mengklik tab di sebelahnya. Dan disini masalahnya. Saya tidak pernah bisa masuk ke mode rich text. Jadi proses pengeditan posting sulit dilakukan.

Lagi-lagi soal pengeksekusian script yang tidak berjalan mulus. Kali ini menimpa bagian posting pada tab elemen halaman. Sebetulnya ada banyak fitur andalan baru yang dilakukan blogger. Tapi apa lacur, inline commenting form yang paling menggema tidak bisa langsung hadir di blog anda. Saya sendiri harus menambah script dari blogger lainnya untuk mendapatkan fitur inline commenting form itu.

Ada juga star rating dan respon untuk postingan. Hal ini sudah baik manakala banyak netter yang berkunjung di blog mereka yang hanya melihat-lihat saja. Jika pengunjung tidak bisa membaca panjang postingan, maka disediakan respon khusus seperti star rating yang memberikan kesan interaktif bagi netter. Buat netter yang paling malas buat kasih komen di blog, ada respon yang hanya berbentuk kotak-kotrak. Kita tinggal klik pada bagian tertentu untuk mengetahui apakah kita menyukai artikel itu.

Saya rasa masih perlu banyak pengembangan dari draft blogger sebelum nanti akan disempurkan dan menjadi konsumsi publik. Harapan untuk terus berinovasi jika kita mendukung niat baik seseorang. Maka kita harus dukung niat blogger untuk mengembangkan platform baru pada situs pengedia blognya itu.

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!