cookieChoices = {}; nyarinama: Blog ideal cookieChoices = {};

Blog ideal

Budaya nge-blog telah menjadi pilihan untuk para netter yang ingin menuangkan pikirannya pada suatu masalah. Tapi blog tak sesederhana terlihatnya. Disana banyak fitur yang bisa kita tambahkan. Jadi dalam perkembangannya, blog tak hanya menjadi pusat curhat, tapi juga pusat menarik perhatian orang agar interest dengan kita. Perkembangan itu ada karena majunya beberapa penyedia layanan blog untuk kemudahan berkomunikasi dengan orang luar. Fitur yang bisa kita tambahkan antara lain gambar, video, polling, RSS Feed, dan berbagai fungsi dalam HTML script. 

Tapi berbagai fitur itu belum tentu nyaman untuk kita gunakan. Kadangkala ada yang tidak sesuai dengan pribadi kita. Kita tak bisa semena-mena menumpuk script-script dalam blog kita, ujung-ujungnya blog kita lama untuk di load. Nah, untuk menjadikan blog kita sedap dilihat dan tak menghilangkan kesan simpel dari blog kita, berikut tipsnya :

1. pilih yang standar
kadang sesuatu yang standar tak mesti kita abaikan. Tapi bukan berarti blog kita akan tampil apa adanya. Blog kita pun putuh penyegaran. Tapi kita dapat pilih fitur/widget yang biasa saja. Semisal foto, polling HTML script yang tak membebani waktu load. Penempatan sebuah video dalam blog mungkin akan memperlambat kerja blog kita. Script-script pun tak mesti bertaburan. Yang paling sederhana adalah penempatan script jam dan kalender. Yang lainnya terserah anda.

2. buat prioritas
sebuah blog haruslah mempunyai prioritas. Misalnya saja kita akan memprioritaskan blog kita untuk keperluan pendidikan. Maka kita tak boleh tergoda kala melihat blog lain yang menarik dengan isi tutorial komputer. Bisa saja anda tidak menguasai bidang itu. Jadi jangan paksakan untuk mencoba sesuatu yang belum anda kuasai. Kita harus komitmen untuk apa kita membuat blog. 

3. terindeks
ini penting. Ketika kita sudah memaksimalkan fitur dan artikel yang pas, kita juga perlu terindeks di search engine. Peng-indeks-an berfungsi untuk mempermudah orang menemukan kita di internet. Disini diperlukan kepandaian kita untuk menemukan cara cepat untuk terindeks. Bisa dengan daftar biasa, atau menambahkan script, juga link yang bisa kita tukar untuk menjalin pertemanan dengan orang lain. 

4. menarik
kembali soal desain. Setelah kita buat blog yang baik dengan artikel orisinal, kita juga perlu tampil menarik. Bisa dari tampilan template, widget atau penambahan lain. Dari segi tulisan pun demikian. Tulisan yang menarik sudah dapat tercium dari judulnya. Jadi buatlah judul yang membuat orang penasaran. Selanjutnya, kembangkan kemampuan kita menulis. Orang tidak mau membaca artikel yang biasa-biasa saja. 

5. user friendly
setelah blog kita tenar, tentunya kita mempunyai banyak rekan kan? Nah, mulai menjalin kedekatan dengan mereka. Beri perhatian atau sekedar komen di blog mereka. Begitupun orang yang memberi komen pada kita. Balaslah komen mereka, agar mereka puas atas sesuatu yang kita buat.

6. berciri khas
buat sesuatu yang beda dari blog yang lain. Anda bisa buat itu dari header, tulisan, layout dan penambahan beberapa fitur tersembunyi yang semuanya banyak tersedia di internet. Buat sesuatu yang berkesan pada pembaca. 

7. orisinil
nah, ini paling penting. Jika saja anda sudah membuat blog, anda perlu membuat isi yang orisinil. Buat apa membuat blog yang isinya tulisan orang lain semua! Mengutip pun tak apa bisa kita mencamtumkan mana penulis aslinya atau menyediakan akses ke blognya. 

Semua indikator belum tentu pas dengan anda. Jadi semua keputusan dan persepsi anda adalah yang utama bagi diri anda. Apapun pendapat tentang idealnya suatu blog, hanya kitalah pemilik blog yang dapat menentukan unsur-unsur apa yang akan menyatukan blog kita nantinya.

3 comments :

  1. emang sekarang udah banyak blog yang dioptimalisasi!! udah gak sejalur lagi sama tujuan awal..

    ReplyDelete
  2. ya saya setuju..dalam menulis blog kita harus kreatif....kunjungi juga blog aku ya.saya masih baru ngeblog,di tunggu komennya

    ReplyDelete
  3. sory den, profil kamu gak bisa aku lacak. nanti komennya masukkin nama dan URLnya. jgn d profil bloggernya. trims udah komen..

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!