cookieChoices = {}; nyarinama: Ber-blog-ria cookieChoices = {};

Ber-blog-ria

Blog adalah sebuah catatan harian yang bersifat pribadi dan umum yang diterbitkan secara elektronik melalui media Internet. Tampilan umum dari sebuah blog mirip sebuah website. Namun blog berisi sejumlah tulisan dan tertata langsung oleh template yang disediakan. Blog saat ini banyak digandrungi para netter selain forum Friendster. Blog merupakan sarana yang pas bagi para netter untuk berekspresi dan mengeluarkan pendapatnya tanpa batasan. Karena dengannya, anda dapat membuat tulisan-tulisan yang tidak terbatas dengan tema dan konteks.

Isi dari blog sendiri sangat simpel. Kita dapat membuat tulisan dan langsung dapat dibaca oleh netter lain. Ingin tau pendapat orang lain atas tulisan anda? Fasilitas comment sudah disediakan untuk mengomentari tulisan anda. Ditambah lagi banyaknya optimalisasi yang bisa kita buat. Dari mulai pemasangan widget, polling, blogroll, foto, video dan lainnya sebagai media pemuas ekspresi anda. Jaringan pertemanan pun bisa kita jalin disini. Jadi kita bisa tukar informasi dengan teman yang jauh sekalipun.

Anda bisa memulai hobi ngeblog dari mengorek keterangan atau mencari informasi bagaimana membuat blog. Banyak referensi yang bisa anda pilih. Dari mulai teman anda, buku, dan yang termutakhir, internet. Dari sana anda akan mengenal apa yang disebut blog. Setelah itu pilih situs penyedia blog yang paling mudah, Semisal blogger. Tapi anda juga patut pertimbangkan yang lain. Anda bisa melakukan studi banding ke beberapa situs penyedia blog. Mana yang paling praktis. Kemudian mulai mengisi blog dari tulisan ringan. Anda tak perlu sibuk seperti dikejar deadline. Dari tulisan-tulisan ringan itu, anda bisa menggali potensi menulis anda. Semakin banyak menulis, semakin lancarlah pikiran anda mengalir. Buat tulisan tentang anda pribadi, kegiatan sehari-hari, atau hal-hal kecil lainnya. Jika anda sudah punya target dengan blog anda, itu bagus. Jadi anda bisa menentukan isi blog yang anda punya.

Sebagai penampung ekspresi anda, sudah banyak situs penyedia blog yang cukup mudah diatur. Dari tiap penyedia blog ada kekurangan dan kelebihan. Misalnya blogger yang comment-nya tidak diperlihatkan secara langsung. Atau wordpress yang terlalu ramai dengan social bookmarking. Dan Multiply yang sulit diatur layoutnya. Semuanya terserah anda.

Sekarang blog juga sudah beralih fungsi menjadi ladang bisnis dengan penempatan iklan Itu dikarenakan kita bisa bebas mengubah blog kita menjadi apapun. Banyak Template yang tersedia sesuai kemauan anda, belum lagi kode-kode javascript dan kode html yang kini banyak beredar sebagai widget di blog anda.

Dengan banyaknya blog yang ada, di tahun 2007 diadakan pesta blogger yang didedikasikan untuk para blogger. Kini banyak pula kompetisi yang diadakan untuk blog. Beberapa bulan yang lalu, saya juga mengikuti lomba blog online yang diadakan oleh SMA Al-Muttaqin di Tasikmalaya dengan nama Kompetisi blog ASC ke 4.

Perkembangan dunia blog yang pesat menambah lagi ketertarikan orang pada media ini. Situs penyedia layanan blog pun makin menjamur. Dari mulai Blogger.com, wordpress, multiply dan yang lainnya. Maka makin beragam pula fitur yang akan muncul nanti. Dan kita sebagai netter makin diakui.

3 comments :

  1. ngeblog tuh rame!! tp diperlukan konsistensi bwt ngurusnya!@#@

    ReplyDelete
  2. wah tos sukses nya nge blog teh?? di tunggu bae lah artikelna.. he..he..

    ReplyDelete
  3. kiw.. ieu pagawean maneh teh!! alus lah.. ke uing jadi saingan..!!T_T

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!