Be creative, be productive

Saya tergugah setelah membaca salah satu buku untuk remaja berjudul “Time to show off” yang dimiliki oleh teman saya. Isinya adalah dorongan bagi kaum remaja untuk lebih mandiri secara finansial. Jadi kita dituntut untuk dapat berdiri sendiri tanpa disuapi oleh orang tua.
Buku kecil itu membuat saya jadi bersemangat menjalani hobi saya mendesain. Dengannya saya belajar untuk selalu optimis dengan apa yang kita punya. Jangan takut dengan langkah yang kita pilih, dan jangan mau jadi anak manja untuk urusan finansial. Kita mestinya belajar untuk hidup mandiri dan memenuhi kebutuhan kita sendiri. Disebutkan pula beberapa kisah orang yang sukses memanajemen dirinya sendiri.

Salah satu bab menyebutkan bahwa orang Indonesia hanya mau berpikir dalam ‘kotak’ yang tersedia. Tidak mau berpikir lebih jauh. Tidak bisa membayangkan hal-hal aneh dan diluar dugaan. Itu sebabnya bangsa ini selalu kalah bersaing. Bangsa kita bermental pekerja. Bukan wirausaha. Jadi kita hanya menunggu gajian tiap bulan, tak ingin membuka lapangan kerja baru yang lebih menjanjikan.

Remaja yang dipandang hanya hura-hura saja, dapat belajar dari buku itu. Bagaimana memaksimalkan potensi kita untuk nantinya berkembang menjadi penopang kita dari segi finansial. Remaja dapat pula terinspirasi dari kata-kata bijak yang banyak ditemui di halaman-halaman buku itu. Sungguh buku yang cocok untuk remaja yang produktif.

Nah, makanya, kita sebagai remaja perlu memaksimalkan apa yang ada. Apa yang kita peroleh sebagai kelebihan kita, dapat kita pergunakan untuk mencari uang. Di buku itu juga dijelaskan bahwa uang bukanlah modal yang utama untuk memulai usaha.

Dari sana saya tergugah untuk terus maju bersama apa yang sudah saya punya. Modal yang sekarang saya punya adalah kemauan dan keahlian di bidang komputer. Entah di suatu saat nanti saya akan berkembang dengan kemampuan saya ini, atau jalan menentukan ke arah yang lain. Yang penting kita berusaha. Langkah kecil lebih berarti dibanding tidak melangkah.

Keep practice and productive!

1 comment:

  1. Assalamualaikum....!

    Ricky,,ga da kata lain yang bisa aku ungkapin bwt km,,kecuali..."wOw kerRReN!"

    Wah aku ngerasa jadi tokoh utama dalam artikel km kali ini,secara "Time To Show Off" yang aq beli tanpa perencanaan, bisa jadi inspirasi yang "wow" bwt artikel ini!

    Yep,aku setuju banget bahwa remaja jg harus belajar mandiri dalam bidang finansial,,biar ga tergantung terus ma ortu. Kan enak bisa punya uang sendiri!

    jangan cuma bisa hura-hura,ngabisin duit ortu dengan kegiatan yang ga penting ky pacaran,nongkrong,balapan en sekitar itu dc! Ini saatnya kita tunjukin bahwa remaja adalah aset negara yang sangat berharga n bisa ngasih sesuatu yang membuat dunia ngacungin jempol atas prestasi kita!

    So,be creative , be produktif!


    Thankz yawh,,,
    ~Tika~

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!

Powered by Blogger.