cookieChoices = {}; nyarinama: Bahasa pemrograman cookieChoices = {};

Bahasa pemrograman

Bahasa adalah sarana berkomunikasi. Bahasa adalah cara kita menyampaikan kesan, pesan, ekspresi dan pikiran kita. Dari situlah kemudian teknologi mengadopsinya dalam bentuk program. Program komputer tentunya memiliki bahasa pemrograman. Dan bahasa pemrograman memiliki struktur tertentu. Tapi, dari sekian banyaknya bahasa pemrograman, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap bahasa pemrograman memiliki kepala, variabel, deklarasi juga algoritma.

Kepala program sifatnya kondisional. Jika kita membutuhkan program yang efisien, maka kita tak perlu menyertakannya dalam program. Itu dilakukan untuk menghemat memory. Di samping itu, kepala program bisa dipakai untuk keperluan dokumentasi. Jadi, jika kita menyertakan kepala program, kita dapat tau nama programnya, kapan dibuat, dan untuk apa. Biasanya programmer pemula masih menggunakan kepala program pada program buatannya.

Variabel. Variabel sendiri berarti menyisipkan sebuah kondisi, fungsi, aturan, atau pokok yang nantinya akan dijabarkan pada bagian deklarasi. Misalnya saja kita akan buat program penghitungan luas lingkaran. Tentu kita akan membutuhkan variabel jari-jari dan phi(π). Jadi kita sisipkan dulu disana.

Bagian deklarasi adalah bagian yang terpanjang. Disini akan dijabarkan mekanisme kerja dan logika dari variabel. Alur algoritmanya pun harus sesuai. Kita harus memprediksikan apa yang akan terjadi bila program ini dijalankan. Apakah kita pakai algoritma penyeleksian (if), rekursi, dan array. Yang lainnya belum saya tau. Tapi yang pasti, sebuah program memiliki bagian deklarasi yang panjang. Karena panjangnya itu, maka sering disisipkan komentar pembuat program. Komentar ini dibuat untuk memperjelas program. Komentar sendiri tidak akan muncul di program dan merupakan bahasa yang tidak harus memakai aturan bahasa pemrograman.

Algoritma adalah serangkaian fungsi dan penyelesaian dalam ilmu matematika. Jadi dalam sebuah program, dibutuhkan kerja hitungan (sekalipun program itu bukan program hitungan). Dari algoritma, akan diperoleh program yang efisien. Kita bisa saja menggunakan banyak cara untukmenghitung 10 X a=100. tapi kita harus pikirkan keefisienan program. Jadi pilihlah algoritma yang paling singkat. Algoritma yang terpenting disini. Karena algoritma merupakan jantung dari bahasa pemrograman.

0 Komentar:

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!