cookieChoices = {}; nyarinama: Pengutip artikel blog cookieChoices = {};

Pengutip artikel blog

Banyak blog yang saya kunjungi yang didalamnya mengharamkan pengutipan artikel. Atau ada juga yang boleh dikutip dengan mencantumkan penulis asli. Saya sendiri sebagai penulis blog merasa takut apabila ada orang yang mengutip tulisan saya tanpa izin. Tapi saya bolehkan dengan catatan mencantumkan nama serta url blog saya.

Pengutipan dinilai kurang baik karena akan menjadikan orang tersendat kreatifitasnya. Dengan penjiplakan, orang akan malas menulis. Buat apa menulis kalau hasilnya dijiplak orang. bukannya malah kita yang tenar, tapi orang lain. Itu mungkin pemikiran penulis. Tapi disamping itu, jika saja pengutipan dilakukan dengan bijaksana, seperti tidak digunakan untuk kepentingan bisnis dan tetap mencantumkan nama penulis aslinya. Tentu akan menjadikan aliran informasi mengalir lebih cepat dan tersalur dengan baik. Dengan begitu, kita sama-sama senang.

Saya sendiri mengutip beberapa tulisan orang lain untuk keperluan mediasi. Jadi saya ingin bagi-bagi ilmu dengan netter lainnya tanpa dinilai plagiat. Saya sudah coba tuliskan nama asli penulis. Semogfa langkah saya dan penulis lain diikuti dengan bijak untuk menjadikan teknologi lebih merata di masa depan.

1 comment :

  1. Chayo terus om..
    Jangan nyerah.
    Menurut saya selain mencantumkan artikel orang lain, juga baiknya ada sedikit komentar dari kita atau pun sekedar tanggapan atas apa yang mereka tulis.

    ReplyDelete

ayo, komentari apa yang telah anda baca..! berkomentar berarti telah ikut melestarikan budaya ngeblog. jangan sia-siakan waktu anda dengan berdiam diri.. berkaryalah dan menginspirasi orang lain..!